-->

LANGKAH MENGINPUT CREDIT NOTE DAN DEBET NOTE PADA ACCURATE

Credit Note merupakan bukti transaksi penerimaan kembali barang yang telah dijual secara kredit (retur penjualan) atau pengurangan harga faktur yang disebabkan adanya kerusakan barang.
Berikut langkah-langkah untuk membuat Credit Note/Debit Note untuk memotong nilai Piutang tanpa ada barang yang dikembalikan :

Credit Note

  1. Buat Item baru dari List | Item | New, pilih type “Non Inventory Part” dengan nama “Credit Note” dan semua GL akun dialokasikan ke akun mana yang akan menampung Credit Note tsb,  Sales Discountmisalnya.
  2. Aktifkan “Can enter any item” pada Retur Penjualannya melalui menu Setup | Preferences | Sales/Purchase, pada bagian sales-nya centang “can enter any item”. Lalu Ok .
  3. Buat Sales Return dari Activity | Sales | Sales Return, lalu pilih nama customer dan select Inv.No = “None”
  4. Pilih Item mengggunakan item yang sudah dibuat tadi (point 1), lalu isikan nilai retur-nya. Kemudian Save & Close
  5. Buka Customer Receipt dari Activity | Sales | Sales Receipt, pilih nama customernya maka otomatis akan muncul invoice senilai retur yang sudah dibuat tadi dengan No Faktur yang sama dengan Nomor Credit Note. Centang No Credit Note tersebut berikut No Faktur yang akan dilunasi maka Nilai Credit Note yang minus tersebut akan menjadi pengurang.
Debit Note dibuat untuk retur transaksi retur pembelian. Debit Note merupakan bukti transaksi pengiriman kembali barang yang dibeli

Debit Note

  1. Buat Item baru dari List | Item | New, pilih type “Non Inventory Part” dengan nama “Debit Note” dan semua GL akun dialokasikan ke akun mana yang akan menampung Debit Note tsb, Purchase Discount atau HPP misalnya.
  2. Aktifkan “Can enter any item” pada Retur Pembelian-nya melalui menu Setup | Preferences | Sales/Purchase, pada bagian purchase-nya centang “can enter any item”. Lalu Ok .
  3. Buat Purchase Return dari Activity | Purchase | Purchase Return, lalu pilih nama vendor dan select Inv.No = “None”
  4. Pilih Item mengggunakan item yang sudah dibuat tadi (point1), lalu isikan nilai retur-nya. Kemudian Save & Close .
  5. Buka Vendor Payment dari Activity | Purchase | Purchase Payment, pilih nama vendornya maka otomatis akan muncul invoice senilai retur yang sudah dibuat tadi.
Notes :
  • Jika Print Out Form Retur judulnya mau diganti menjadi Credit Note atau Debit Note, silakan buat template baru atau edit template yang dimaksud, di bagian HEADER untuk Title kita bisa ganti menjadi Credit Note untuk Sales Return atau Debit Note untuk Purchase Return.
  • Jika Debit Note mau dialokasikan untuk mengurangi Cost perunit Barang yang belum terjual, kita bisa lakukan Inventory Adjustment dan set Adjustment Account nya ke akun yang di setting diatas di langkah 1, Purchase Disc/HPP.
LihatTutupKomentar