-->

Cut off Company di ACCURATE

Cut Off Company di ACCURATE menghasilkan database baru dengan saldo awal semua akun per tanggal cut off dan transaksi-transaksi didepan tanggal cut off. Saldo awal akun Hutang dan Piutang dibawa dengan faktur-faktur yang masih belum lunas sehingga memudahkan saat pelunasan.

Contoh :
Buka data yang ada di C:\Data\PT Maju.gdb lalu dari menu File - Cut Off Company dengan tanggal cut off 31 Desember 2013. Maka akan menghasilkan database di C:\Data\PT Maju1.gdb dengan saldo awal per 31 Desember 2013 dan transaksi-transaksi didepan tanggal cutoff tsb.

Proses cut off company tidak membuat perubahan di database GDB yang biasa digunakan.

Bagaimana jika tidak jadi menggunakan database hasil cutoff? kita tetap bisa menggunakan database yang biasa dipakai di C:\Data\PT Maju.gdb seperti biasa.

Apakah bisa ulang jalankan Cutoff Company? Bisa. Jika di alamat tempat data sudah ada file PT Maju1.gdb, hasil cutoff berikutnya akan menghasilkan file database PT Maju2.gdb, jadi jangan khawatir untuk mencoba dan melihat hasil nya.

Setelah berjalan menggunakan data hasil cutoff, jika perlu melihat laporan data sebelum cutoff bagaimana? kita buka kembali data GDB sebelum cutoff (C:\Data\PT Maju.gdb).

Bagaimana jika ada kesalahan didata sebelum cutoff atau ada transaksi tertinggal perlu diinput?
a) Pilihannya, kita buat penyesuaian atau input transaksi yang belum diinput tsb di data setelah cut off. Cara ini lebih disarankan.
b) Atau lakukan perbaikan dan input transaksi di data sebelum cutoff, juga didata setelah cutoff dengan membuat penyesuaian atas perubahan saldo awal.

Kapan perlu dilakukan CutOff?
- Saat performance database sudah menurun/lambat, misal karena database sudah bertahun-tahun dan size database sudah besar.
- Ganti metode perhitungan persediaan yang semula Average menjadi FIFO atau sebaliknya.

Yang perlu diketahui
Cost keluar dari transaksi pengeluaran barang yang ada didepan tanggal cutoff seperti DO, Sales Invoice, Job Costing, Purchase Return atau Inventory Adjustment, berkemungkinan berbeda dengan data sebelum cutoff, hal ini dikarenakan perbedaan urutan cost secara FIFO atau Average antara data sebelum cutoff dengan hasil cutoff, data hasil cutoff urutan cost dimulai dari tanggal cutoff dengan saldo awal Qty dan Cost per tanggal cutoff
LihatTutupKomentar