-->

PELATIHAN ACCURATE SOFTWARE UNTUK PERSEDIAAN

Pada kesempatan kali ini dalam Pelatihan Accurate Software untuk Persediaan kami akan membahas mengenai persediaan yang berhubungan dengan Item Transfer. Menu Persediaan dapat dibuka pada menu Aktifitas – Persediaan [Activity – Inventory] selain itu dapat juga dilihat dari menu Jelajah | Persediaan [Explorer – Inventory].

Pindah Barang [Item transfer]

Menu pindah barang dapat dibuka melalui Aktifitas – Persediaan – Pindah Barang [Activity – Inventory – Item Transfer]. Menu ini dapat digunakan untuk transaksi pemindahan kuantitas barang dari satu gudang ke gudang lain. Dalam prakteknya gudang tersebut bisa dalam gedung atau alamat yang berlainan, tetapi bisa juga berada masih dalam satu gedung tetapi berlainan lantai. Bahkan bisa saja masih dalam satu gedung dan satu lantai tetapi berlainan ruang. Dalam satu kasus dapat diperkecil lagi , misalnya masih dalam satu gedung, satu lantai dan satu ruang tetapi dibedakan pada lemari/rak nya.
Kasus di atas menggambarkan posisi barang adalah masih dalam lingkungan perusahaan sendiri, artinya masih bisa dikontrol oleh orang internal. Dalam kasus lain bisa juga dimanfaatkan untuk barang model konsinyasi. Barang yang dititipkan ke orang/toko/perusahaan lain dianggap masih sebagai barang milik perusahaan. Saat barang tersebut dijual barulah dianggap sebagai penjualan dan diambil dari gudang tempat orang/toko/perusahaan lain tersebut.
Transaksi pindah barang {Item Transfer] ini tidak mempengaruhi posisi keuangan perusahaan, artinya saldo nilai harga pokok persediaan tidak bertambah ataupun berkurang. Perubahan hanya terletak pada posisi nilai kuantitas suatu barang pada suatu gudang tertentu.
Salah satu tujuan pindah barang adalah untuk membantu memonitoring stok pada masing-masing gudang sehingga stok pergudang menjadi jelas dan dapat dipertanggung jawabkan pada masing-masing kepala gudang. Jika gudang konsinyasi dapat mengetahui total barang perusahaan yang masih di titipkan untuk dijual.
LihatTutupKomentar