-->

Pengertian Inventory Adjustment

Pengertian Inventory Adjustment, adalah rancangan yang di gunakan untuk mencatat penyesuaian jumlah persediaan (Inventory) antara pecatatan di Accurate dan jumlah fisik sebenarnya di gudang.
Kuantitas Item yang dapat disesuaikan dengan menggunakan Formulir Inventory Adjustment adalah kuantitas Item dengan tipe Inventory Part (Tipe Persediaan) saja. Pada saat Anda melakukan penginputan saldo Item tipe Inventory Part melalui Quick Setup, ataupun langsung dari menu List – Item. ACCURATE secara otomatis akan membuat satu Formulir Inventory Adjustment untuk mencatat penginputan saldo Item yang Anda lakukan.
Jika pda periode berjalan ternyata terdapat kesalahan dalam pencatatan saldo persediaan barang maka Anda dapat melakukan koreksi dengan membuat penyesuaian (adjustment) pada Formulir Inventory Adjustment.
Berikut ini beberapa aktifitas yang dapat dicatat pada Formulir Inventory Adjustment :
  1. Saldo Awal Persediaan (Opening Balance Equity Of Inventory)
  2. Penyesuaian / Adjustment barang hilang atau rusak
  3. Penyesuaian / Adjustment penerimaan barang yang bukan berasal dari aktifitas pembelian. Misalnya : bantuan, sumbangan, atau setoran modal berupa barang dagang.
  4. Penyesuaian / Adjustment barang keluar tetapi bukan untuk aktifitas penjualan. Misalnya : Item Sample yang diberikan secara gratis kepada customer sehubungan dengan aktifitas promosi perusahaan.
Berikut cara membuat Inventory Adjustment:
  • Buka Accurate anda > Klik Aktivitas > Klik Barang dan Jasa > Klik Penyesuaian Persediaan
  • Tampilan Formulir Inventory Adjustment,
*Centang check box Value Adjustment jika Formulir Inventory Adjustment yang Anda buat ditujukan untuk pencatatan penyesuaian kuantitas dan nilai barang.
  • Untuk melihat daftar penyusutan Klik Daftar > Pilih Persediaan > Penyesuaian Persediaan
  • Tampilan untuk daftar penyesuaian Persediaan
Demikian penjelasan mengenai  Pengertian Inventory Adjustment,  jika Anda kurang jelas bisa menghubungi kami kembali. 
LihatTutupKomentar